Jumat, 04 Januari 2013

Profil Negara-Negara Timur Tengah


PENDAHULUAN
Negara-Negara Arab adalah negara yang secara sejarah kehidupan, sejarah, ras maupun bahasa berada berkaitan dengan Arab. Kesamaan itulah yang membuat negara-negara Arab ingin bersatu tanpa dibatasi dengan berbagai aturan seperti pasport maupun visa. Namun kemustahilan itu mencetuskan pembagian dunia arab menjadi empat bagian, yaitu:
1.      Negara-NegaraTeluk yang terdiri dari: Arab Saudi, Emirat Arab, Oman, Qatar, Bahrain, dan Kuwait. Negara kawasan ini terkenal dengan kekayaan minyaknya sehingga penghasilan negaranya lebih besar dari negara di daerah lain.
2.      Negara Arab Timur yang terdiri dari: Suriah, Libanon, Palestina, Yordania, dan Irak. Negara ini berada di kawasan yang sedang bersitegang dengan negara barat dan hampir mencetuskan Perang Dunia Ketiga.
3.      Negara Arab Barat yang terdiri atas: Maroko, Sahara Barat, Tunisia, Aljazair, dan Libiya. Negara ini berada pada daerah padat perairan dimana banyak kapal dagang khususnya minyak yang menjadikan jalur ini sebagai akses termudah menuju Amerika, Arab, Asia, dan Afrika.
4.      Negara Aliran Sungai Nil dan Semenanjung Afrika yang terdiri dari: Yaman, Mesir, Sudan, Somalia, Djibaouti, dan Ethopia. Daerah ini memiliki wilayah saharanya yang luas sehingga banyak jarang ditemui tumbuh-tumbuhan di pedalam tanah Arab ini dan rata-rata pendapatannya didapatkan dari pariwisata bukan sumber bumi.
Wilayah perairannya karena berada di antara tiga benua menjadikannya kawasan strategis untuk dilewati kapal barang dan minyak. Adapun kawasan itu adalah selat Giblata yang terletak di antara dua negara yaitu Spanyol dan Maroko. Terusan Suez yang berada di Mesir yang bertetangga dengan Palestina. Begitu pula di selat Hormuz yang terletak diantara Iran dan Emirat Arab. Wilayahnya yang ditengah dari seluruh benua mejadi wilayah yang tepat bagi Amerika sebagai “polisi dunia” untuk meletakkan pangkalan perangnya.
Selain itu, daerah Arab juga merupakan tempat turunnya tiga agama samawi. Semuanya ini mengakui tempat-tempat suci dan menjadikannya sebagai miliki sendiri yang tidak diperuntukkan bagi agama lain. Hal ini sering kali menyebabkan perelisihan bahkan pertumpahan darah diantara umat beragama.
NB: Informasi ini diambil pada tahun 2012.

PROFIL NEGARA-NEGARA DUNIA ARAB

Negara-Negara Teluk Arab
1.      Arab Saudi
Nama Negara   : Kerajaan Arab Saudi
Ibu Kota           : Riyad
Kepala Negara : Raja Abdullah bin Abdul Aziz as-Saud
Para Ilmuan      : DR. Hamzah Al-Mazini (Prof), Abdurrahman as-Sudais (cendikiawan)
Universitas       : Univ. King Saud, Univ. Alfaisal dan Univ.King Abdul Aziz
Sumber Devisa: Minyak mentah dan devisa dari para haji
Mata Uang      : Real
Merdeka         : 24 September
Lagu                : ‘Ash al-Maleek
Negara ini merupakan anggota OPEC karena menghasilkan minyak besar-besaran dan diimpor ke Amerika sebagai negara sahabat. Kerjasama yang erat negara ini lebih dekat dengan negara-negara seperti Amerika dan Israel karena pemikiran yang sama dalam memberantas “teroris”. Citra negara ini lambat laung mulai turun di depan bangsa dunia khususnya negara-negara kawasan Arab. Hal ini karena negara Arab saudi tidak pernah mendukung pergerakan mereka (orang Arab) dan sebaliknya mendukung penuh Amerika dan Israel yang dianggap sebagai teroris dunia oleh negara-negara timur-tengah. Selain itu, banyak pelanggaran HAM yang terjadi di negara ini khususnya terhadap para wanita serta pernyataan yang tidak sesuai dengan fakta. Kabar terbaru mulai muncul fenomena kemiskinan di negara kaya minyak ini dan permintan merombak sisitem pemerintah menjadi UUD, selain itu berita yang menggemparkan para ulama adalah diangkatnya seorang Yahudi menjadi penasehat Raja serta kunjungannya ke Israel. Banyaknya tindakan semena-mena pemerintah Saudi menimbulkan aksi protes melalui berbagai cara mulia daridemo hingga bakar diri oleh rakya.
2.      Emirat Arab
Nama Negara    : Uni Emirat Arab
Ibu Kota           : Abu Dhabi
Para Ilmuan    :Prof. Peter Wilderer & Helmut Fluhrer (Peneliti hujan buatan di   Arab Saudi), dan Dr. Ilias Fernini (psikolog)
Universitas      : Universitas Uni Emirat Arab dan American University of Sharjah
Sumber Devisa: Minyak Bumi, Pariwisata laut dan Satwa Pulau Bu Tinah
Mata Uang      : Dirham
Merdeka         : 2 Desember 1971 
Lagu                : Ishy Bilady
Negara ini terbentuk dari kumpulan negara-negara Eropa yang ingin memnciptakan sebuah negara kesatuan Barat-Arab dengan dikepalai oleh raja. Raja ini diangkat dari bangsa Arab itu sendiri untuk memerintah Emirat dibawah naungan eropa. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak kerajasama yang terjadi antara Uni Emirat dengan negara Barat khususnya dalam pengembangan sarana dan prasarana, bahkan ekspor-impornya.
Dewasa ini, Emirat Arab mengalami kemajuan dalam sarana dan prasarana seperti pembangunan pulau atau gedung serta menara yang memecahkan rekor dunia, hal ini membuat decak kagum masyarakat dunia dan menarik para pelancong untuk menikmati keindahan pemandangan hasil karya tangan manusia.
3.      Oman
Nama Negara    : Kerajaan Oman
Ibu Kota           : Muscat
Kepala Negara : Raja Qaboos bin Said al-Said
Para Ilmuan      : Dr. Saleh Al-Shidhan (astronom)
Universitas       : Univ. Nizwa, Univ. Dhofar, dan Univ. Sultan Qaboos
Sumber Devisa: Minyak Mentah, Ikan dan Sayur
Mata Uang       : Riyal
Merdeka         : 17 Desember 1970
Lagu                : The Sultan's
Secara geografis, negara ini berada diwilayah yang sedang bersitegang antara lain; Arab Saudi, Iran, dan Amerika, sehingga berkemungkinan terkena imbas ketika terjadi kontak senjata. Namun, keadaan negara ini cukup stabil dibandingkan dengan beberapa negara yang berada di saekitarnya.

4.      Qatar
Nama Negara :Kerajaan Qatar
Ibu Kota           : Doha
Kepala Negara : Raja Hamad bin Khalifa Al-Thani
Para Ilmuan     : Dr. Saleh Al-Shidhani, Mr. Sulaiman bin Hilal Al-Busaidi (astronom)
Universitas      : Univ. Qatar dan Univ. Hamad bin Khalifa
Sumber Devisa: Perikanan, Mutiara dan Minyak bumi
Mata Uang      : Riyal
Merdeka         : 3 September 1971 dari Inggris
Qatar merupakan negara kaya penghasil minyak, namun sangat disayangkan negara Islam ini dalam praktekkesolidaritasan Islam kurang. Negara ini sering memasok minyak untuk Amerika dan Israel yang digunakan untuk membantu para oposisi Suriah dalam pembuatan senjat untuk memerangi Pelestina bahkan membangun pemukiman Israel di jalur Gaza. Fenomena yang sangat memalukan bagi umat Muslim.
5.      Bahrain
Nama Negara : Kerajaan Bahrain
Ibu Kota           : Manama
Para Ilmuan    : Mr. Sulaiman bin Hilal Al-Busaid (astronom)
Universitas      : Uni. Bahrain, Institute Perbankan Bahrain dan Univ. Sains dan Teknilogi Bahrain
Sumber Devisa: Minyak Mentah, ikan, dan pariwisata
Merdeka         : 15 Agustus 1971 dari Inggris
Lagu                : Bahrainona
Sebuah pendapat menyatakan bahwa ketenangan dan ketentraman yang terjadi di Bahrain merupakan imbas dari Raja dan kerajaan yang telah rapuh. Tidak ada hal dapat membangkitkan lagi semangat hidupnya. Keselamatan yang terjadi bersumber dari kerjasamanya dengan Inggris dan lagi-lagi Amerika.
6.      Kuwait
Nama Negara : Kuwait
Ibu Kota           : Kuwait
Kepala Negara : Raja Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah
Para Ilmuan    : Muhammad `Utsmân Najâtiy (ahli psikolog)
Universitas      : Universitas Sains dan Teknologi Kuwait
Sumber Devisa: Minyak mentah dan pajak Perairan
Mata Uang      : Dinar
Merdeka         : 19 Juni 1961 dari Inggris
Kuwait merupakan bagian dari negara teluk, kawasan yang berlimpah akan sumber minyak. Negara ini pernah dihimbau untuk menghentikan suplai minyaknya untuk negara Amerika dan Israel namun tidak dihiraukan.



Negara-Negara Arab Timur
1.      Suriah
Nama Negara : Republik Arab Suriah
Ibu Kota           : Damaskus
Kepala Negara  : Presiden Bashar al-Assad
Para Ilmuan    : Ibnu al-Nafis (Kedokteran), Attusi (astromon) dan Abu Fida (geologi)
Universitas      : Universitas Damaskus
Sumber Devisa: Minyak Zaitun dan Pariwiasata
Mata Uang      : Pound
Merdeka         : 17 April 1946 dari Perancis
Lagu                : Homat el Diyar
Suriah terkini mengalami dua perang sekaligus. Pertama perang saudara antara militan dan oposisi sejak Maret 2011. Namun, tiap pihak memiliki pendukung dengan cara mengirimkan bantuan baik berupa pasokan senjata atau tentara dalam melawan musuhnya. Dari pihak oposisi didukung oleh Turki dan Kuwait sedangkan pemerintah Suriah didukung oleh Libanon dan Iran. Perang kedua adalah perang dingin dengan Turki-NATO, Suriah dibantu Rusia dengan memperkuat zona udara untuk melindungi Suria dari serangan Rudal Patriot NATO yang di letakkan di Turki demi melindungi pangkalan militer AS.
2.      Libanon
Nama Negara : Republik Libanon
Ibu Kota           : Beirut
Kepala Negara : Presiden Michel Suleiman
Para Ilmuan     : Dr. Ghada E.-Hajj Fuleihan (peneliti vitamin D)
Universitas      : Univ. Lebanon, Univ. Islam Beirut dan Univ. Amerika di Beirut
Sumber Devisa: Sektor pariwisata, pertanian, dan perbankan.
Mata Uang      : Pound
Merdeka         : 22 November 1943 
Lagu                : Koullouna Lilouataan Lil Oula Lil Alam
Keunikan yang tidak dimiliki negara lain dalam mengurangi perang sektarian adalah dengan membagi kedudukan dalam pemerintahan Libanon, seorang Presiden Lebanon haruslah seorang Kristen Katolik Maronit, Perdana Menteri seorang Muslim Sunni, Wakil Perdana Menteri seorang Kristen Ortodoks, dan Ketua Parlemen seorang Muslim Syi’ah .Perang Saudara Lebanon (1975-1990), lebanon sempat menjadi pusat pariwisata sehingga dijuluki Parisnya Timur Tengah.
Dalam membebaskan diri dari kekuasaan negara lain, Hizbullah memiliki peran aktif, selain itu Hizbullah telah menyusun bentuk pemerintahan untuk masa depan yaitu pada situasi darurat. Hizbullah memiliki pengaruh besar di hadapan bangsa Libanon dibandingkan pemerintahannya sendiri karena perannya yang aktif dalam pembelaan bangsa Libanon serta membantu pergerakan di luar negaranya seperti Muqowama Palestina dan Irak guna menegakkan HAM.
3.      Palestina
Nama Negara   : Republik Palestina
Ibu Kota           : Ramallah
Kepala Negara : Presiden Mahmoud Abbas
Para Ilmuan    :al-Muqoddasi (geografer), Isma’il Raji al-Faruqi (pencetus islamisasi)
Universitas      : Univ. Al Quds dan Univ. Islam Gaza
Sumber Devisa: Minyak Zitun
Mata Uang      : Pound Mesir
Merdeka         : Diakui PBB 29 November 2012 dari Israel
Lagu                : Mauthini
Palestina adalah negara milik tiga agama samawi, Kristen, Islam dan Yahudi menyisakan sejarah besar di negara ini. pada umumnya berupa bangunan bersejarah seperti Mesji al-Aqsa, Tembok Ratapan, atau bangunan bekas kerajaan Sulaiman. Negara ini masih bersitegang dengan Israel baik karena urusan perluasan pemukiman ataupun penghancuran bangunan bersejarah di luar Tembok Ratapan. Situasi bertambah buruk ketika banyak korban sipil menjadi sasaran tentara Islael serta penghancuran perkebunan serta perumahan bangsa Palestina. Negara Plestina telah lama dibokade oleh Israel dari bantuan bahan pangan, sandang dan papan. Hal  ini merupakan bentuk pembunuhan masal rakyat Palestina. Namun Plestina tidak berjuang sendiri, ia masih didukung oleh Hizbullah, Iran dan bahkan seluruh umat Islam di dunia. Namun kini telah merdeka dengan didukung lebih dari 70% suara di PBB. Setelah pengakuannya ini, Israel kembali menyerang Gaza dan menculik beberapa warganya.
4.      Yordania
Nama Negara    : Kerajaan Hasyim Yordania
Ibu Kota           : Amman
Kepala Negara  : Hassan Sheikh Mohamud
Para Ilmuan    :Khaled Mardam-Bey (penemu mIRC: 1995) dan Ms. Basma Dhiab (astronom)
Universitas      : Univ. Negeri Yordania, Univ. Al Isra, dan Univ. Al Bait
Sumber Devisa: Fosfat, fertilizers, dan pertanian
Mata Uang      : Dinar
Merdeka         : 25 Mei 1946 dari Inggris
Lagu                : as-Salam al-Malaki al-Urdoni
Secara geografis, negara ini terletak diantara negara-negara yang mengalami gejolak dan ketegangan yaitu anatara Suria, Libanon, Irak, Iran, Mesiri, Palestina dan Israel. Apabila diantara negara-negara ini mengalami kontak fisik, maka otomatis negara ini akan terkena imbasnya baik keamanan maupun stabilitas negaranya.
5.      Irak
Nama Negara : Republik Irak
Ibu Kota           : Baghdad
Kepala Negara  : Presiden Jalal Talabani
Para Ilmuan    : Jabir bin Hayyan (Kimia), al-Jazari  (teknik dan mekanik), al-Mu’izz Ma’ad ( Penemu Pulpen), Ibnu Haitham (pengobatan)
Universitas      : Univ. Baghdad dan Univ.s Al-Mustansiriyah
Sumber Devisa: Minyak Mentah, Pariwisata dan Minyak Mentah
Mata Uang      : Dinar
Merdeka         : 3 Oktober 1932 dari Inggris
Lagu                : Ardul Furataini Watan
Irak merupakan negara berperadaban tinggi antara lain peradaban Mesopotamia, Babilonia, Akkadia, dan Asyur serta berbagai kekaisaran yang pernah merasakan buaian peradaban Irak. Irak menjadi negara dengan tanpa campur tangan bangsa asing yang banyak mewarnai nasib bangsa Irak. Peristiwa yang terjadi di negara ini, seperti pembunuhan terhadap para ilmuan Syiah dan pengikut Syiah. Hal ini terjadi karena dukungan besar Saddam Husen oleh Amerika yang lagi-lagi muncul dibalik sebuah tindak pelanggaran HAM. Setelah itu muncul perang etnis antara etnis Kurdi dengan Arab Irak. Pada tahun 2003 Yahudi Kurdi dari Amerika pergi ke Irak dengan alasan berziarah kemudian membeli tanah di kawasan berssejarah Yahudi sepeti Ezra, Ezekiel, Jonas dan Nahum. Pembangunan pemukiman di Irak diawasi langsung oleh Amerika. Irak selama ini mengalami keretakan persatuan dan nasional bangsa.



Negara-Negara Arab Barat
1.      Maroko
Nama Negara : Kerajaan Maroko
Ibu Kota           : Rabat
Kepala Negara: Sultan Mohammed VI
Para Ilmuan    :Ibnu Batutah (kedokteran), Prof Djebbar & Ali Mustafa M.  (matematikus), Fatima al-Firhi (Penemu), Ibnu Rusy (kedokteran)
Universitas      : Univ. Muhammad V dan Univ. al-Qarawiyyin, dan Univ. Inter. Rabat
Sumber Devisa: Fosfat, biji besi, mangaan, timah, kapur, garam dan ikan
Mata Uang      : Dirham Maroko
Merdeka         : 2 Maret 1957 dari Perancis.
Lagu                : Cherifien
Negara ini berada jauh dari “wilayah panas”, dimana banyak terjadi pemberontakan dan pelanggaran HAM. Letaknya membuat negara ini cukup aman dan tenang, kemakmurannya yang tinggi didapatkan dari penarikan cukai banyak kapal tanker pengangkut minyak ke seluruh dunia khususnya Eropa. Secara kebudayaan, Maroko memiliki pengaruh kuat dari Barat baik secara arsitektur bangunan maupun gaya hidupannya.
2.      Sahara Barat
Nama Negara : Republik Demokrasi Arab Sahara Barat
Ibu Kota           : el-Alun
Kepala Negara  : Presiden Mohamed Abdelaziz (dalam pengasingan)
Universitas      : Sekolah Bisnis Mediteranian
Sumber Devisa: Pariwisata Bahari
Mata Uang      : Dirham Maroko
Merdeka         : Di bawah naungan negara Maroko
Sahara barat saat ini belum menjadi negara yang berdaulat, sebab masih menjadi lahan perebutan antara Maroko dan Muritania. Namun Maroko telah mengangkat permasalahan Maroko ke meja PBB pada tahun 2007 di Jenewa.
3.      Tunisia
Nama Negara : Republik Tunisia
Ibu Kota           : Tunis
Kepala Negara  : Presiden Moncef Marzouki
Para Ilmuan    : Ibnu Khaldun (antropologi)
Universitas      : Univ. Manouba, Univ. Islam Tunisia dan Univ. Zitouna
Sumber Devisa: Cukai Perairan, pariwisata, kurma dan Ikan
Mata Uang      : Dinar
Merdeka         : 20 Maret 1956 dari Perancis
Lagu                : Ala Khallidi
Pemerintahan Ben Ali terkenal dengan kedzalimannya terhadap rakyat seperti korupsi, bermewah-mewahan dan pelanggaran HAM lainnya. Sikap pemerintah ini membuat seorang pedagang sayur bernama Mohamed Bouazizi membakar dirinya sebagai bentuk protes. Dari aksi ini menimbulkan demo yang semakin hari semakin membesar berisi meminta pemerintah Ben Ali turun dari tahtanya yang telah ia pegang selama 23 tahun.
4.      Aljazair
Nama Negara : Republik Demokratik Rakyat Aljazair
Ibu Kota           : Aljir
Kepala Negara  : Presiden Abdel Aziz Bouteflika
Para Ilmuan    : Malik Ben Nabi (sosiolog)
Universitas      : Universitas Aljir dan
Sumber Devisa: Cukai Perairan
Mata Uang      : Dinar
Merdeka         : 5 Juli 1962 dari Perancis
Lagu                : Qassaman
Disaat sebagian besar negara-negara arab mengalami gejolak dan ketegangan, permasalahan yang berbeda jutru dihadapi oleh pemerintah Aljazair dalam memanfaatkan wilayahnya yang sebagian besarnya merupakan gurun pasir. Pemerintah Aljazair bekejasama dengan Jepang membangun pembangkit listrik tenaga surya. Para ilmuan itu adalah Hideomi Koinuma seorang pakar dari University of TokyoI. Proyek ini merupan inisiatif dari pemerintah setempat guna memenuhi kebutuhan penduduk bumi pada tahun 2050.
5.      Libiya
Nama Negara : Libiya
Ibu Kota           : Tripoli
Para Ilmuan    : Eng. Mansour Eshgeafa (astronom)
Universitas      : Univ. Omar Almukhtar dan Akademi Militer Benghazi
Sumber Devisa: Minyak Mentah
Mata Uang      : Dinar
Merdeka         : 24 Desember 1951 dari Prancis dan Inggris
Lagu                : Allahu Akbar
Negara ini pernah mengalami gejolak pemerintahan saat masih dijabat Amar Gadafi yang akhirnya ditumbangkan oleh rakyat. Semua keluarga Gadafi lari keluar negeri. Disaat genting ini, dimana belum terjadi pemilihan presiden, pengangkatan Jalil sebagai pemimpin negara sementara menugnggu pengangkatan pemerintah secara resmi.
6.      Muritania
Nama Negara : Republik Arab Rakyat Sosialis Agung Islam Muritania
Ibu Kota           : Nouackohatt
Kepala Negara  : Muhames Ould Abdel Aziz
Para Ilmuan    : Prof. Michael Golden (pakar kesehatan) dan Prof. K. Boubacar, M.D
Univesrsitas     : Univ. Nouakchott
Sumber Devisa: Ikan, pariwisata dan pertanian
Mata Uang      : Ouguiyas
Merdeka         : 28 November 1960 dari Prancis
Lagu                : Mauritania
Negara ini berhadapan langsung dengan Samudra Atlatik yang bersebelahan dengan Benua Amerika. Kondisinya yang strategis menjadikannya sebagai tempat pariwisata mempesona dengan deburan ombak dan birunya hamparan air laut. Pemasukan besar negara ini berada pada sektor pariwisata sehingga jarang terdengar adanya berita peperangan dan revolusi layaknya negara-negara Arab sekarang.



Negara-Negara Aliran Sungai Nil dan Semenanjung Afrika
1.      Yaman
Nama Negara : Kesatuan Republik Yaman
Ibu Kota           : Sana
Kepala Negara  : Presiden Abd Rabbuh Mansur al-Hadi
Para Ilmuan    : Harbi al-Himyari (kimia) dan Ibn Ya‘qūb al-Hamdānī   (astronomi)
Universitas      : univ. al-ahgaff, Univ. Al-imam. Dan Sana'a University,
Sumber Devisa: Minyak mentah
Mata Uang      : Imani
Merdeka         : 22 Mei 1990  bersatu Yaman Utara dan Timur
Lagu                : United Republic
Yaman berada di Selatan arab Saudi dimana banyak orang Syiah yang terabaikan oleh pemerintah. Seangat berdemo yang memprote Arab Saudi kini merambat ke negara Yaman. Akhir-akhir ini, keamanan negara Yaman sudah tidak stabil, sering terjadi penembakan oleh pesawat siluman AS atas warga sipil Yaman.
2.      Mesir
Nama Negara : Republik Arab Mesir
Ibu Kota           : Kairo
Kepala Negara  : Presiden Muhammed Mursi
Para Ilmuan    :Ibn al-Haytham (fisika), Yehia Gad (kedokteran) dan Ibnu Yunus   (astronom)
Universitas      : Univ. al-Azhar dan Univ. Kairo
Sumber Devisa: Kapas, Minyak zaitun, Kimia, Baja, Minyak, Besi, Emas, dan Titanium
Mata Uang      : Pound
Merdeka         :  28 Februari 1922 dari Inggris
Lagu                : Biladi, Biladi, Biladi
Mesir merupakan negara dengan penghasilan terbesar dari sektor pariwisata. Para turis yang datang ke Mesir tidak hanya untuk melancong namun ada tujuan lain yaitu menuntut ilmu atau bekerja. Akhir-akhir ini ketenangan yang dirasakan bangsa Mesir mulai sirna. Disana-sini terjadi demo dan bentrok antara kelompok pro-Mursi dengan anti-Mursi. Apalagi dengan datangnya referendum, berbagai keamanan diperketat dan suasana panas di bundaran Tahrir serta di Istana kepemerintahan juga ikut menjadi sasaran bentrok antar dua kubu ini. banyak korban berjatuhan.
3.      Sudan
Nama Negara : Sudan
Ibu Kota           : Khortum
Kepala Negara : Presiden U. H. A. al-Bashir
Para Ilmuan    : Mahmud Moh. Taha dan Abdullahi A. An-Na'im (pemikir liberal)
Universitas      :Univ. Juba, Univ. Alneelain, Univ. Algazera dan Univ. Omdurman Islamic
Sumber Devisa: Minyak Bumi , gandum, dan Kambing
Mata Uang      : Pound
Merdeka         : 1 Januari 1956 dari Mesir dan Inggris
Lagu                : Nahnu Djundullah Djndulwatan
Negara ini baru mendapt kiriman bom dari Israel yang tidak terlacak oleh Mesir. Pabrik senjata di Khortum menjadi sasaran pemboman Israel. Ternyata, negara ini juga menjadi incaran Israel selain Suria, Libanon, dan Palestina.
4.      Somalia
Nama Negara : Republik Somalia
Ibu Kota           : Magadesu
Kepala Negara  : Presiden Sharif Sheikh Ahmed
Para Ilmuan    : Hassan al-Jabarti (matematicus), Amina Said Ali (kedokteran).Osman Aden Abdulle (ahli genetika)
Universitas      : Univ. Al-Alum and Technology, Univ. Darul ‘Ulum dan UN Somalia.
Sumber Devisa: Bijih besi, gips, mangan, uranium, dan tebu, kapas, kacang-kacangan
Merdeka         : 1 Juli 1960 bersatu
Lagu                : Somaliyaay toosoo
Somalia merupakan negara dengan jumlah penyakita dan virus terbanyak di daerah Afrika. Kehidupan kota yang sagat berbeda dengan panawaran hidup di desa membuat negara ini mengalami ketimpangan sonial. Perompak yang sering mengganggu keamanan para pedagang dan palayaran membuat resah negara-negara lain yang ingi melewati daerah ini. daerah ini juga merupakan perlintasan kapal minyak yang menghubungkan antara selat Hormuz dengan terusan Suez.
5.      Djibaouti
Nama Negara : Republik Djibaouti
Ibu Kota           : Djibaouti
Kepala Negara   : Presiden Ismael Omar Guelleh
Para Ilmuan    : -
Universitas      : Univ. Djibouti
Sumber Devisa: Kopi dan Kulit
Mata Uang      : Francs
Merdeka         : 27 Juni 1977 dari Perancis
Lagu                : Djibouti
Nagara ini berada dalam sebuah pulau yang terlepas dari benua Afrika. Leteknya yang strategis dan jumlah perairan yang mencukupi membuat negara ini menjadi negara dengan pemasukan devisanya berasal dari pariwisata, pertanian bahkan perikanan. Dibandingkan dengan negara Afrika disekitarnya, Djibouti masih berada pada ambang kesejahteraan rakyat yang baik.
6.      Ethiopia
Nama Negara : Republik Ethiopia
Ibu Kota           : Addis Ababa
Kepala Negara   : Presiden Girma Wolde-Giorgis Lucha
Para Ilmuan    : Khalid (Penemu Kopi)  dan Gidey Yirga (Ilmuan Hewan)
Universitas      : Univ. Addis Ababa, Univ. Mekkele dan Univ. Urbaniana
Sumber Devisa: Sorgum, sayuran, jagung, kapas, tembakau, kopi, dan tekstil
Mata Uang      : Birr
Merdeka         : 28 Mei 1991
Lagu                : Whedefit Gesgeshi Woude Henate Ethiopia
Ethiopia adalah negara merdeka tertua di dunia. Pendirinya adalah Menelik I (Ibn al-Malik), putra Nabi Sulaiman dan Ratu Saba, pada abad ke-5 sebelum Masehi. Hari kemerdekaannya ditetapkan pada tanggal 28 Mei ketika Mengistu Haile Mariam berkuasa. Pemerintahan Ethiopia dimulai dari Aksum, terletak di propinsi Tigray, ketika Menelik I (Ibn al-Malik) pulang dari Yerussalem mengunjungi ayahnya, Nabi Sulaiman, untuk belajar tentang hukum Musa selama 3 (tiga) tahun). Mulai saat itu negara ini mengalami gejolak dalam pemerintahan dan Undang-Undang Dasaranya.

1 komentar:

Situs Bersih Hati mengatakan...

ini ada yang tidak ada lagu kebangsaan nya.. jadi saya bingung

HOAKS SEBAGAI TANDA PENYAKIT JIWA DAN AKAL

HOAKS SEBAGAI TANDA PENYAKIT JIWA DAN AKAL Era teknologi menawarkan efesiensi kerja yang tidak terikat waktu, jarak dan tempat. Sifat...